Kesalahan Blogger Pemula Yang Harus Dihindari

Kesalahan Blogger pemula yang harus diketahui dan sebaiknya dihindari dalam membangun sebuah blog. Memang, latar belakang masing-masing Blogger adalah berbeda-beda tergantung dari maksud serta tujuan dalam membangun sebuah blog

Ada yang membuat blog karena berdasarkan kesukaan atau hobi menulis dan disalurkan dalam bentuk karya blog, ada yang membangun blog karena ingin mendapatkan penghasilan dari blog, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun jangan salah, sudah banyak para master blog yang berhasil mendapatkan banyak penghasilan dari blognya lho. Jadi mempunyai blog ini selain bisa menyalurkan hobi bisa juga sebagai sarana untuk berbagi pengalaman dan manfaat kepada orang lain, dan juga bisa mendapatkan uang.

Nah jika saat ini temans Pemula sedang merintis sebuah blog sebaiknya juga mengetahui apa saja sih kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan oleh blogger pemula. Apa saja itu?

Kesalahan Blogger Pemula


Cerita tentang para blogger sukses yang meraup banyak pendapatan dari blog seakan mampu membius kita semua dan terobsesi untuk bisa juga mendapatkan penghasilan dari blog. Sah-sah saja berkeinginan seperti itu dan mudah-mudahan rejeki kita dari blog dimudahkan dan dilancarkan oleh-Nya. Aamiin.

Namun kesuksesan tersebut bukanlah semudah seperti membalikkan telapak tangan, karena pastinya ada proses panjang yang mungkin hingga "berdarah-darah" menghantarkan mereka pada titik kesuksesan tersebut. Silahkan baca juga cara membuat social share valid AMP.

Ada kerja keras dan kegigihan dibalik kesuksesan mereka, oleh karena itu kita jangan hanya melihat saat mereka sukses saja namun juga mencontoh proses dan kegigihan mereka dalam membangun blognya. Yakinlah tidak ada hasil yang menghianati usaha-usaha kita.

Oke sebagai Blogger pemula, kita harus meyakinkan diri bahwa kita mampu untuk menjadi seperti mereka para Blogger yang telah sukses. Selain itu juga menghindari kesalahan-kesalahan yang umumnya dilakukan oleh blogger pemula, seperti berikut ini :


1. Tidak konsisten

Nyawa dari sebuah blog adalah terletak pada konten yang berupa artikel. Sebagai Blogger yang baru saja memutuskan untuk membangun sebuah blog biasanya semangat menulisnya hanya pada saat diawal saja.

Setelah beberapa terbit artikel di blog dan hari-hari berlalu, maka tak jarang muncul rasa malas dan bosan sehingga produksi artikel jadi terhenti.

Nah ini kesalahan yang harus dihindari ya. Sebagai Blogger harus tetap mengobarkan semangat dalam menuangkan ide-ide yang ada di kepala dalam bentuk artikel agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Jadi buatlah target berapa artikel yang akan diterbitkan setiap harinya, dan lakukan hal tersebut secara berkelanjutan.

2. Salah menentukan niche
Niche atau tema merupakan topik pembahasan yang sering dimunculkan dalam bentuk postingan artikel. Dalam membangun sebuah blog sebaiknya fokus pada niche tertentu saja sehingga pengunjung jadi lebih mudah dalam mengidentifikasikan blog kamu, misalnya fokus pada pembahasan gadget, musik, tutorial, dan lainnya.

Terkadang sebagai pemula kita tidak teliti dalam menentukan niche blog dan terkesan hanya memburu nafsu saja. Sebagai contoh karena sekarang sedang tren gadget Android, kita jadi tertarik untuk membuat blog yang bertemakan OS Android, seperti mengulik OS, porting, modif ROM. dan sebagainya.

Padahal kita minim pengetahuan tentang hal tersebut sehingga nantinya di tengah jalan akan menemukan kesulitan saat akan membuat postingan.

Nah oleh karena itu sebaiknya memilih niche yang berdasarkan atas kesukaan pribadi seperti hobi, aktifitas sehari-hari, dan lainnya.

Dengan demikian maka akan selalu ada ide-ide yang bisa di jadikan artikel untuk bahan postingan di blog dan tentunya kamu juga akan merasa enjoy saat memproduksi artikel tersebut.

3. Mudah menyerah

Terkait dua poin diatas, jika kamu fokus pada niche yang tidak kamu kuasai maka akan berdampak pada sulitnya menemukan ide untuk membuat artikel.

Jika sudah demikian biasanya akan mudah menyerah dan berhenti membuat artikel sehingga blog akan menjadi tidak terurus.

Selain fokus pada niche yang disukai dan di kuasai, sebaiknya juga menumbuhkan tekad dalam diri yang kuat untuk terus berkarya melalui konten artikel agar tidak mudah menyerah dan blog menjadi lebih keren kedepannya. Jika blog sudah "mapan" dan visitor juga sudah tinggi, tidak jarang lho yang akan mengajak kamu kerjasama hehee.

4. Salah mendesain blog
Pengalaman Saya waktu lalu saat pertama kali mempunyai blog gratisan adalah mendesain blog yang berlebihan seperti memasang widget yang banyak disana-sini. Padahal sebenarnya juga ndak penting banget sih widget-widget tersebut. Ternyata ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh Blogger Pemula.

Dalam memilih desain blog sebaiknya memilih tema yang sederhana dan clean. Pilihlah perpaduan warna yang nyaman dimata agar pengunjung juga akan merasa betah berlama-lama membaca artikelnya.

Selain itu pasanglah widget seperlunya saja seperti recent post, popular post, dan kategori. Dengan menampilkan widget yang tidak berlebihan juga akan membuat blog tidak lambat ketika di akses.

5. Hanya fokus pada uang
Tidak munafik ya siapa sih yang ndak butuh uang, semua juga pasti butuh dan mau uang ya. Namun jika ini dijadikan dasar dalam membangun sebuah blog, maka ini menjadi salah satu hal yang harus dihindari.

Banyak cara mendapatkan uang dari blog, namun sebaiknya jangan dijadikan fokus utama dalam mengembangkan sebuah blog karena nantinya kita akan menemukan kesulitan ditengah jalan.

Biarkan dia berjalan secara alami saja, yang harus dibangun diawal adalah secara berkelanjutan memproduksi artikel-artikel yang berkualitas sehingga nantinya jika blog sudah ramai maka otomatis pendapatan juga akan bisa diraih dari blog.

Medapatkan uang dari blog bisa dengan menggunakan Google adsense dan bisa juga dengan menggunakan cara lainnya. Silahkan baca juga alternatif Google adsense terbaik.

6. Malas menulis
Lho... kalau mau melibatkan diri terjun sebagai Blogger ya jangan malas menulis. Kan sudah dibahas diawal artikel ini bahwa senjata utama Blogger ya dari artikel-artikel yang ada pada blog. Kalau malas menulis lantas apa yang akan ditampilkan pada blog?

Baiklah temans Pemula, demikianlah kesalahan Blogger pemula yang harus dihindari ya. Tetap fokus dan semangat mengembangkan blog karena blog juga merupakan aset digital kita. Tetap semangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel