Bukalapak Indonesia Berkolaborasi dengan Google untuk Memberdayakan Kios Kecil

Pasar e-commerce yang didukung Ant, Bukalapak, Selasa mengumumkan bahwa mereka memiliki kemitraan baru dengan Google My Business, layanan berbasis internet untuk pemilik bisnis yang dioperasikan oleh Google.

Kemitraan ini bertujuan untuk membantu pemilik kios yang menjadi bagian dari program Warung Mitra Bukalapak, di mana toko-toko kecil ini dapat menjual berbagai layanan digital kepada pelanggan lokal mereka.

Tautan dengan Google Bisnisku berarti bahwa sekitar 95.000 kios kecil terdaftar di program Warung Mitra Bukalapak akan muncul di hasil pencarian Google, termasuk Google Maps. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan adopsi teknologi digital di kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Kemitraan ini tidak hanya memfasilitasi pengguna internet untuk menemukan lokasi toko kecil terdekat, tetapi juga dapat meningkatkan volume transaksi di toko-toko ini. Pada saat yang sama, program ini dapat mengedukasi pemilik kios tentang pentingnya teknologi digital yang dapat meningkatkan keterampilan mereka untuk bersaing di pasar yang sangat kompetitif.

Menurut laporan Kementerian TI Indonesia yang dikutip dalam siaran pers Bukalapak, hanya 16,33% atau 9,61 juta dari 58,9 juta UMKM di Indonesia yang mengadopsi teknologi digital dalam praktik bisnis mereka.

Menurut laporan 2019 oleh Google, Temasek, dan Bain & Co, ekonomi digital Indonesia diperkirakan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, dan nilai pasar ekonomi digital kawasan itu diperkirakan tiga kali lipat menjadi $ 300 miliar pada tahun 2025. Proses mendigitalkan bisnis UMKM dan untuk meningkatan produktivitas mereka memainkan peran penting dalam mencapai target 2025.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel