Cara Membangun Peluang Usaha Bareng Pasangan

Banyak orang yang ingin merintis usaha sampingan maupun usaha utama dengan orang yang terlibat dalam hubungan romansa. Karena cenderung rawan konflik dan bisa merongrong keharmonisan anda dengan partner romatis anda. Namun itu hanya kekhawatiran yang tidak beralasan. Nyatanya banyak pasangan yang berhasil bahkan bisnis mereka menjadi berkembang pesat.

Alhasil, usaha bersama itulah yang mendekatkan kebersamaan dan mempererat sisi romatisme anda dengan pasangan. Yang perlu anda ketahui adalah kiat dan cara membangun peluang usaha bareng pasangan agar usaha itu menjadi bisnis raksasa yang berbuah manis. Maka dari itu, simaklah kiat dan cara berikut ini:

1. Samakan rencana dan tujuan usaha


Sebelum terjun ke dunia bisnis bersama pasangan, sangat penting adanya persamaan rencana dan tujuan dari bisnis tersebut. Hal yang perlu disamakan tersebut, berkaitan tentang tujuan ke depannya, target perkembangannya, dan perlu/tidaknya adanya investor. Hal ini bisa menjadi kompas perjalanan usaha yang akan anda bangun bersama partner romantis anda.

2. Buat surat perjanjian


Jangan menganggap membuat surat perjanjian adalah hal yang berlebihan, karena kita tidak tahu bagaimana segalanya akan berubah ke depannya. Surat perjanjian ini untuk memandu anda dan pasangan sekaligus penyelesaian saat terjadi perselisihan pendapat.

Jangan lupa pula untuk mencantumkan metode pembagian hasil dan mengantisipasi bila ke depannya salah satu dari anda atau pasangan mundur dari bisnis tersebut. Hal ini agar nantinya bisa membuat solusi yang tidak merugikan salah satu pihak andai bisnis tidak berjalan semestinya bahkan mandek.

3. Buatlah Job Deskripsi


Menjalankan usaha bisnis dengan pasangan, terkadang bisa sedikit rumit bila tidak ada aturan kerja yang pasti. Bisa saja terjadi, anda di pihak yang multi task, sementara pasangan anda hanya terima beres saja. Bukan ! Bukan begitu caranya memulai bisnis. Harus ada pembagian tugas yang jelas agar salah satu pihak tidak merasa terbebani. Hal ini akan menegaskan kontribusi masing-masing sesuai dengan kesepakatan bersama.

Dengan job desk yang sudah terbagi rapi, maka sistem kerja yaang berjalan akan lebih teratur. Semisal anda bertugas di bagian produksi dan pengawasan kualitasnya, sementara pasanganmu sebagai pencari buyer. Pembagian pekerjaan ini akan mempermudah anda dengan pasangan untuk bekerja sama dan saling melengkapi.

4. Saling terbuka


Menjalin bisnis dengan partner romantis anda, harus tetap dijalankan secara profesional. Jangan berpedoman membiarkan pasangan walaupun melakukan kesalahan. Tetaplah bicarakan secara baik dan terbuka kepada pasangan anda perihal permasalahn yang terjadi dan mencari solusi yang tepat.

Jangan sampai perasaan pribadi dan hubungan yang sedang tidak kondusif mempengaruhi bisnis anda bersama dia. Cobalah ungkapkan secara terbuka apa yang anda rasakan dengan baik-baik, dibicarakan, dan mencari jalan keluar yang terbaik.

5. Keuangan yang transparan


Selain terbuka tentang permasalahan yang dialami dalam merajut bisnis bersama pasangan anda, transparansi dalam keuangan juga sangat diperlukan untuk keberlangsungan bisnis anda dengan pasangan. Buatlah pembukuan tentang keluar masuknya laju finansial secara baik dan sistematis sehingga mudah diketahui baik oleh anda maupun pasangan anda.

Sangat diperlukan untuk memisahkan keuangan anda dengan pasangan, 1 untuk rekening anda, 1 untuk rekening pasangan anda dan 1 lagi adalah rekening bersama. Hal ini dibuat bukan berarti anda sangat perhitungan dengan uang, namun agar segalanya terang dan transparan tentang aliran uang yang beredar.

Rekening masing-masing, untuk membagi keuntungan anda dengan pasangan sesuai kesepakatan, sementara rekening bersama untuk mengetahui arus keluar masuk uang ke dalam perusahaan. Hal yang bersifat transparan ini akan menciptakan rasa saling percaya dan hubungan yang kondusif.

6. Menjunjung tinggi sikap saling menghargai


Sikap saling menghargai adalah salah satu kunci keharmonisan dalam sebuah hubungan baik itu profesional maupun dalam romansa. Selalu bersikap hormat dan manislah dalam meminta bantuan atau berkomunikasi dengan pasangan anda. Jangan karena saking dekatnya, maka terkadang lupa cara etika berkata dan bersikap.

Tetap ucapkan “tolong” saat meminta pasangan anda melakukan sesuatu dan sisipkan panggilan sayang untuk mencairkan hari yang tegang. Jangan lupa untuk mengucapkan “terima kasih” tiap dia selesai membantu anda. Yang tak kalah penting, adalah selalu memberikan perhatian manis kepadanya, dengan hanya membawakan segelas teh hangat, atau makan siang kejutan, dll. Agar di tengah panasnya suasana kerja tetap ada keteduhan romansa di antara anda dan dia.


Demikianlah cara membangun peluang usaha bareng pasangan romantis anda, yang patut anda coba. Karena salah satu ciri hubungan yang serius adalah adanya kesugguhan kedua belah pihak untuk membangun komitmen dan mempererat tali kebersamaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel