Belajar SEO Untuk Pemula

Apa SEO Itu?


Menekuni dunia blogging tidak terlepas dari masalah SEO. SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization atau jika dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan optimasi mesin pencari.

Bagi temans pemula mungkin sebelumnya telah mengetahui betapa dahsyatnya SEO ini bagi sebuah blog sehingga banyak orang yang menghasilkan uang dari internet hanya dengan mengandalkan SEO. Lalu, apa sih sebenarnya SEO itu?

Pengertian secara sederhana, SEO adalah suatu proses untuk menjadikan sebuah blog mendapatkan posisi peringkat terbaik (peringkat satu / halaman pertama) pada hasil pencarian dalam mesin pencari seperti Google, Bing, atau yang lainnya.

Dampak dari penerapan SEO pada blog adalah blog tersebut akan berpeluang menempati posisi halaman pertama pada suatu pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan demikian maka peluang untuk mendapatkan visitor blog akan lebih terbuka lebar.

Sebagai contoh, misal kita punya blog yang menjual produk fashion berupa baju dengan menargetkan kata kunci "baju murah". Jika ada pengguna internet yang ingin membeli baju sedang mencari referensi baju murah dengan menggunakan mesin pencari Google, maka blog kita akan muncul di posisi pertama atau dihalaman pertama dari hasil pencarian tersebut.

Dengan demikian maka peluang akan terbuka lebar pengunjung tersebut akan melakukan klik pada blog kita dan besar kemungkinan akan terjadi transaksi atas orderan baju. Bayangkan jika setiap hari banyak yang melakukan pencarian serupa, maka keuntungan juga akan melimpah juga.

Penerapan SEO bukan hanya untuk blog atau toko online saja, karena bisa diterapkan pada semua niche blog dengan tujuan konversi yang berbeda-beda. Namun inti penerapan SEO tetap sama yaitu mendapatkan posisi terbaik pada search engine.

Baiklah temans Pemula, sampai disini sudah bisa memahami apa pentingnya SEO bagi sebuah blog ya. Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menerapkan SEO pada blog.


Perlukah Belajar SEO


Jika menilik pentingnya SEO untuk perkembangan blog dan juga untuk meraih sukses di dunia internet, sangatlah penting untuk belejar dan mengetahui SEO lebih dalam.

Mesin pencari menawarkan banyak keuntungan dan mempunyai potensi yang sangat besar untuk menunjang kesuksesan di dunia digital ini. Hal tersebut karena mayoritas pengunjung atau visitor berasal dari mesin pencari, sehingga kita harus memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya.

Dengan demikian seiring berjalannya waktu SEO bisa dijadikan sebagai senjata utama dalam menjaring visitor blog dari mesin pencari. Untuk itu SEO bisa menjadi investasi yang mahal untuk keberlangsungan sebuah blog, yang dampaknya bisa dijadikan konversi keuntungan bagi pemilik blog.

Penerapan SEO


Popularitas mesin pencari Google memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin pencari lainnya. Pada umumnya pengguna internet menggunakan mesin pencari Google untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian sangat penting kiranya untuk menerapkan SEO yang baik pada mesin pencari yang satu ini.

Pasti sangat menyenangkan jika blog atau wwebsite kita bisa sering "nongkrong" di halaman pertama mesin pencari Google ya. Ini serasa blog kita diiklankan oleh mesin pencari secara gratis lho.

Nah agar tidak semakin penasaran dengan yang namanya SEO (search Engine Optimization), untuk tahap belajar yang perlu diperhatikan dalam membangun SEO adalah sebagai berikut :

1. Daftarkan blog ke Google Analytics

Sebagai langkah awal untuk penerapan SEO pada blog adalah dengan mendaftarkan blog ke Google Analytics. Google Analytics ini adalah salah satu produk dari Google juga. Tujuan dari langkah ini adalah untuk memantau atau untuk menganalisa para pengunjung yang datang ke blog.

Jika blog sudah terhubung dengan Google Analytics maka akan bisa dilihat jumlah pengunjung blog secara harian, darimana saja asalnya, berapa lama mereka menelusuri blog kita, dan masih banyak lagi.

Oiya semakin lama pengunjung berada pada blog kita maka akan semakin baik. Artinya dia mendapatkan informasi yang dicari pada blog kita dan juga mendapatkan banyak manfaat yang terdapat pada artikel-artikel blog kita.

2. Daftarkan blog pada Google Webmaster Tools

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog pada Google Webmaster Tools. Ini merupakan langkah penting karena blog akan menjadi dikenali oleh mesin pencari Google. Bagaimana bisa berada pada halaman pertama pada sebuah pencarian jika blog tidak dikenali oleh mesin pencari Google, iya kan?

Dengan memanfaatkan Google Webmaster Tools ini berguna untuk mengetahui halaman mana saja atau artikel mana saja yang telah diindeks oleh Google.

Selain itu Google Webmaster Tools juga terdapat fitur-fitur lainnya yang dapat membuat blog kita menjadi lebih baik lagi.

3. SEO on page

SEO on page adalah langkah optimasi yang dilakukan pada blog tersebut untuk meningkatkan peringkat blog pada mesin pencari. SEO on page ini mulai bekerja pada saat artikel diterbitkan dan secara garis besar terbagi menjadi komponen seperi berikut ini :
  • Penggunaan kata kunci
  • Pemilihan judul
  • Susunan URL dan permalink
  • Heading
  • Gambar
Kecepatan loading blog juga berpengaruh terhadap posisi blog pada hasil pencarian, oleh karena itu hindari pemasangan widget yang tidak terlalu penting untuk mengurangi beban loading blog. Jika kamu ingin membangun blog AMP bisa menggunakan rekomendasi template valid AMP.

Untuk pemilihan kata kunci bisa dengan melakukan riset dengan menggunakan tools seperti Google AdWords Keyword Planner, Google Trends, Google WebMaster Tools, dan Google Suggest.

Namun jika masih awam karena masih pemula, bisa juga dengan langsung menetapkan kata kunci sendiri dan nantinya dikembangkan pada sebuah artikel.

Untuk judul artikel usahakan membuat judul yang menarik dan mengandung kata kunci sehingga apat menarik perhatian mesin pencari dan juga pengunjung. Gunakan permalink dengan pemisah berupa tanda strip (-).

Untuk Heading adalah bisa dijadikan suatu penanda pemahasan pada sebuah artikel. Heading ini berupa tag H1, H2, H3, H4, dan seterusnya. Penggunaan Heading ini juga bergantung pada kebutuhan masng-masing artikel.

Dan untuk penggunaan gambar sebaiknya menggunakan gambar sendiri agar terbebas dari klaim hak cipta. Solusi lain jika kesulitan tidak mempunyai gambar sendiri bisa menggunakan gambar bebas hak cipta yang berasal dari www.unsplash.com, www.freepik.com, dan www.pixabay.com.

4. SEO off page

Berbeda dengan SEO on page, karena SEO off page ini adalah langkah optimasi blog tanpa "bersentuhan" langsung dengan blog itu sendiri. SEO off page tidak bisa dipandang sebelah mata karena ini dapat mempengaruhi mesin pencari dalam menampilkan hasil pencarian.

SEO off page memuat setidaknya mencakup tiga hal yaitu authority, backlink, dan internal link. Untuk masing-masing penjelasannya adalah sebagai berikut :

- Authority

Authority menjadi salah satu penentu suatu blog menempati halaman pertama hasil pencarian pada mesin pencari. Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan authority blog, salah satunya adalah usia domain blog. Semakin lama usia domain suatu blog maka akan semakin bagus pula di mata mesin pencari.

Dari perilaku pengunjung juga bisa mempengaruhi authority, yaitu jika secara tren jumlah pengunjung semakin naik di setiap harinya maka dapat pula meningkatkan authority blog tersebut.

- Backlink

Backlink adalah tautan dari blog lain yang mengarah ke blog kita. Semakin banyak blog/website lain yang mereferensikan blog kita maka akan semakin bagus pula untuk blog.

Namun tidak semua backlink ini bagus ya, karena jika terdapat banyak backlink yang berasal dari blog spam (atau blog yang dikategorikan jelek sama mesin pencari) maka juga akan berpengaruh buruk pada blog kita.

Untuk membangun backlink yang bagus dan berkualitas bisa dengan cara memanfaatkan media sosial, yaitu dengan cara membagikan link artikel pada media sosial tersebut. Namun langkah ini jangan dilakukan terlalu sering ya, nanti dikira spam lho.

Cara lainnya adalah dengan berkomentar di blog lain / blog walking. Namun perlu diperhatikan adalah jangan asal komentar saja ya, berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

Selain itu untuk membangun backlink yang berkualitas juga bisa dengan cara memanfaatkan forum-forum online yang ada. Kamu bisa membuat topik bahasan baru dengan mencantumkan link blog kamu.

- Internal link

Internal link adalah suatu link atau tautan yang menghubungkan artikel satu ke artikel lain/halaman lain yang masih dalam satu blog. Internal link ini juga berfungsi sebagai navigasi blog dan hal tersebut memudahkan pengunjung berpindah ke artikel/halaman lain yang topiknya masih berkaitan.

Konten adalah raja

Dalam sebuah blog atau website, kualitas konten artikel laksana raja. Blog yang bagus di mata mesin pencari adalah blog dengan konten yang original dan bermanfaat bagi orang lain.

Mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang terbaik seakurat mungkin untuk kepuasan pengunjung, dengan demikian mesin pencari juga akan memilah blog-blog yang mempunyai nilai manfaat tinggi serta artikel yang fresh dan original, bukan sekedar blog dengan konten copy paste.

Ini salah satu hal penting yang perlu diketahui, untuk itu dalam membangun sebuah blog sebaiknya memuat konten yang unik dengan ide penulisan sendiri, hindari untuk menduplikat dari blog lain. Konten yang bagus dan berkualitas tentunya akan dapat menjadikan pengunjung berlama-lama di blog kamu.

Namun sebaliknya, jika konten artikelnya asal-asalan dan tidak bermanfaat maka tidak butuh waktu lama pengunjung akan segera menutup blog kamu. Nah dengan demikian penerapan SEO untuk masa depan blog sangatlah penting, jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel