7/01/2019

Tips Sukses Bisnis Afiliasi Untuk Pemula

Tips Sukses Bisnis Afiliasi Untuk Pemula. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk meraih kesuksesan dari internet, apalagi saat ini untuk bisa terhubung dengan koneksi internet sangatlah mudah dan murah. Bahkan hanya dengan menggunakan smartphone saja kamu sudah bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah atau dollar.

Setiap kesuksesan pasti ada awalnya, demikian juga bagi temans Pemula yang saat ini ingin merintis sukses dari dunia online bisa langsung mengambil tindakan untuk membangun bisnis di internet. Karena tidak akan pernah ada hasil yang besar jika sama sekali tidak pernah dikerjakan, hanya sebatas wacana saja.

Untuk itu sangatlah penting untuk segera mengambil tindakan, dalam hal apapun itu. Karena kalau cuma dalam sebatas rencana saja tanpa pernah ada action, ya sia-sia tak berguna saja alias tiada hasil apapun.

Dalam memberdayakan sebuah blog untuk mendapatkan penghasilan memang banyak sekali caranya, seperti dengan menayangkan iklan dari jaringan periklanan, memanfaatkan layanan safelinkU, dan bisa juga dengan menjalankan bisnis afiliasi.

Bisnis afiliasi ini merupakan salah satu bisnis online yang bisa dilakukan oleh temans Pemula, karena kemudahan dalam menjalankannya. Lalu, seperti apa sih bisnis afiliasi itu? Bagaimana cara kerjanya dan bagaimana tips atau kiat sukses bisnis afiliasi? Simak terus artikel ini hingga selesai ya temans.

Mengenal bisnis afiliasi


Bisnis afiliasi atau affiliate marketing adalah sebuah bisnis dimana bonus atau komisi akan dibayarkan setelah berhasil menjual produk atau jasa.

Pada umumnya komisi dari bisnis afiliasi ini lebih besar jika dibandingkan dengan sistem reseller, inilah salah satu sisi menariknya dari bisnis afiliasi. Disamping itu juga bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja, jadi lebih fleksibel dan tidak terikat waktu.

Untuk dapat menjalankan bisnis afiliasi ini, sebelumnya harus terdaftar terlebih dahulu sebagai affiliate marketer pada network afiliasi. Jaringan afiliasi ini ada yang dari Indonesia, ada pula yang dari luar negeri.

Namun sebagai tahapan awal, temans bisa mencoba untuk bergabung di jaringan afiliasi lokal seperti ratakan.com, afiliasi Lazada, niagahoster.co.id, dan masih banyak lagi.

Setelah terdaftar menjadi affiliate marketer nantinya kita akan mempunyai sebuah link afiliasi. Link afiliasi inilah sebagai senjata kita untuk "bertempur" mendapatkan penghasilan (baca:uang).


Alur kerja bisnis afiliasi


Link afiliasi ini sebagai modal untuk menjalankan bisnis afiliasi yang kita rintis, yang mana bisa kita bagikan pada teman, media sosial, media perpesanan, dan juga di blog.

Mengapa kita perlu menyebarkan link afiliasi ini?

Karena besar kecilnya pendapatan kita dari bisnis afiliasi ini tergantung dari jumlah penjualan yang sukses melalui link afiliasi tersebut. Semakin besar penjualan suatu produk/jasa melalui link afiliasi kita, maka semakin besar pula pendapatan kita.

Jadi sederhananya, alur kerja bisnis afiliasi ini adalah, misal kita sudah tergabung pada jaringan afiliasi ABC yang mempunyai produk smartphone.

Kemudian kita menawarkan smartphone tersebut menggunakan link afiliasi ke teman-teman. Kemudian ada teman sebut saja X yang tertarik untuk membeli smartphone tersebut melalui link afiliasi kita.

Jaringan afiliasi ABC akan mengirimkan smartphone tersebut pada X, dan kita akan menerima komisi dari ABC atas penjualan tersebut.

Ini baru satu produk yang terjual, bayangkan jika kita berhasil menjual banyak produk. Wah pastinya sangat menyenangkan sekali ya.

Dari ilustrasi diatas bisa dilihat, sebagai affiliate marketer hanya perlu mempromosikan link afiliasi saja. Tidak perlu repot untuk urusan stok jumlah barang, packing barang, pengiriman barang, dan lainnya. Hmmm sangat menarik.

Tips menjalankan bisnis afiliasi


Baiklah temans sampai disini pastinya sudah mempunyai gambaran mengenai sistem bisnis afiliasi ya. Jika demikian saatnya untuk bertindak segera memulai bisnis afiliasinya, karena tidak baik untuk menunda-nunda hal yang positif ya hehee. Berikut ini tips sukses menjalankan bisnis afiliasi yaitu :

1. Pahami syarat dan ketentuan dari penyedia afiliasi

Ini penting sekali untuk dipahami sebelum melangkah lebih jauh karena menyangkut penghasilan. Penyedia afiliasi mempunyai kebijakan sendiri-sendiri dalam menerapkan bisnis afiliasinya. Untuk itu temans sebaiknya mempelajari ketentuan yang berlaku sebelum memasarkan produk/jasa dari penyedia afiliasi tersebut.

2. Menguasai produk/jasa yang dipasarkan

Sangat tidak efektif jika dalam media sosial tiba-tiba kita buat status yang berisi hanya link afiliasi. Bagitupun jika kita buat artikel yang hanya menampilkan link afiliasi, jelas akan sia-sia saja temans.

Sebaiknya kenali terlebih dahulu produk atau jasa yang kita tawarkan, gali kelebihan-kelebihannya. Jadi kita membuat semacam review produk/jasa gitu.

Sisipkan "kata-kata maut" yang membuat pembaca menjadi penasaran terhadap produk/jasa tersebut. Dengan demikian mereka akan bertindak lebih lanjut yaitu dengan meng-klik tautan link afiliasi kita.

Namun dalam hal ini bukan mengedepankan kebohongan yang dibuat-buat ya. Buatlah ulasan positif yang benar-benar berdasarkan atas produk/jasa tersebut, jangan menjual kebohongan ya.

3. Piilhlah produk/jasa yang banyak peminatnya

Ini bisa kita dapatkan dari obrolan-obrolan teman-teman kita di media sosial. Misalnya saja yang sedang trending adalah smartphone A. Nah kita bisa mendapatkan penyedia afiliasi yang menjual produk smartphone A.

Nah selanjutnya kita buat deh ulasan tentang smarphone A ini di media sosial dengan mencamtumkan link afiliasi, meliputi desainnya, spesifikasinya, kelebihannya, dan lainnya.

Teman-teman kita yang tadinya sedang membahas smartphone A ini tentunya tertarik dong dengan status kita tersebut, yang akhirnya akan melakukan klik pada link afiliasi untuk mengetahui informasi yang kita bawa lebih lanjut.

4. Tuangkan ulasan produk/jasa pada artikel di blog

Selain media sosial, Blog juga bisa menjadi senjata ampuh untuk memasarkan link afiliasi, terlebih jika blog yang kamu miliki mempunyai topik yang sama dengan produk/jasa yang kamu tawarkan.

Misalnya saja blog kamu membahas tentang tips dan trik Android, nah produk afiliasi berupa smartphone yang mempunyai OS Android sangat cocok untuk di terbitkan artikel pada blog kamu.

Buatlah artikel tentang ulasan smartphone tersebut secara jujur, spesifikasinya apa saja, apa yang menjadi kelebihan dari smartphone ini, dan lainnya.

Blog yang mempunyai topik yang sama dengan produk/jasa afiliasi yang ditawarkan, mempunyai nilai lebih karena akan terkesan "menyatu" , jika dibandingkan dengan blog gado-gado.

Keuntungan menjalankan bisnis afiliasi

Nah temans, biar lebih tambah semangat lagi merintis bisnis afiliasinya, berikut keuntungan-keuntungan ketika kita menjalankan bisnis afiliasi yaitu :
  • Tidak memerlukan modal untuk membeli produk afiliasi
  • Tidak harus mempunyai produknya
  • Tidak perlu menyediakan stok barang (jika berupa produk fisik)
  • Tidak perlu repot packing barang (jika berupa produk fisik)
  • Tidak perlu mengirimkan barang (jika berupa produk fisik)

Jadi ketika kita sudah terjun ke bisnis afiliasi, kita hanya butuh fokus untuk menyebarkan dan memasarkan produk atau jasa melalui link afiliasi milik kita. Namun dalam menyebarkan link afiliasi ini di sosial media sebaiknya jangan terlalu sering ya, bisa-bisa nanti dianggap spam lho.

Oke temans, semoga artikel tentang tips sukses bisnis afiliasi untuk pemula ini bermanfaat. Hyuk segera action merintis bisnis afiliasi.