7/04/2019

Cara Memilih Layanan Hosting Terbaik Untuk Pemula

Cara Memilih Layanan Hosting Yang Tepat untuk pemula sebagai panduan agar tidak salah pilih paket hosting ketika memutuskan untuk menggunakan hosting sendiri. Lalu, kira-kira kapan ya kita membutuhkan blog  dengan layanan hosting sendiri?

Sebagai pemula memang kita bisa memanfaatkan layanan platform blog yang gratis seperti Blogspot dan Wordpress. Dalam membuat blog pun kita juga tidak harus ahli dan menguasai kode-kode HTML. Karena penggunaan kedua platform blog populer tersebut juga terbilang mudah dengan fitur-fitur yang lengkap.

Jika kamu menggunakan layanan gratis diatas maka alamat blog kamu terlihat sedikit panjang karena merupakan sub domain dari Blogspot atau Wordpress. Nantinya alamat blog nya akan terlihat seperti ini :

  • namablogkamu.blogspot.com
  • namablogkamu.wordpress.com

Namun jika kamu menginginkan alamat blog yang pendek dan mudah diingat, kamu bisa menggunakan layanan domain sehingga nantinya alamat blog kamu akan menjadi namablogkamu.com.

Dengan begitu akan terlihat lebih profesional lah ya. Oiya untuk saat ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan domain murah lho.

Ini adalah langkah untuk memperpendek URL alamat blog saja ya, karena hostingnya masih tetap menggunakan layanan hosting gratis dari Blogspot atau Wordpress.

Namun yang sangat perlu dibutuhkan dalam membuat blog adalah niat yang kuat untuk terus konsisten mengembangkan blog kedepannya.

Dengan demikian tidak menutup kemungkinan blog yang kamu kelola akan bisa menjadi populer dengan jumlah pengunjung ratusan, ribuan, bahkan jutaan di setiap harinya. Hmmm siapa sih yang tidak mau blog nya kebanjiran pengunjung?

Dengan trafik pengunjung yang tinggi menandakan artikel-artikel kamu diminati dan bermanfaat untuk orang lain. Tidak ada salahnya disaat seperti ini kamu memutuskan untuk memindahkan blog kamu dengan menggunakan hosting sendiri untuk blog kamu.


Apakah hosting diperlukan pada saat trafik blog sudah tinggi dan stabil?


Tidak juga. Karena kamu juga bisa langsung memilih menggunakan layanan hosting sendiri ketika akan membangun sebuah blog.

Misalnya saja kamu berencana membuat blog dan memproyeksikannya dimasa mendatang blog ini akan ramai dengan pengunjung. Misalnya saja blog tentang tutorial editing video, blog tentang review gadget, atau bahkan toko online.

Dengan menggunakan hosting sendiri (self hosting) maka kenyamanan pengunjung akan terjaga karena loading blog tetap stabil meskipun terdapat visitor banyak sekali pada saat yang bersamaan.
  • Jadi hosting ini diibaratkan sebidang tanah milik kita, yang mana kita bisa bebas mendirikan bangunan diatasnya. Taruh saja kita akan bangun sebuah rumah diatas tanah tersebut. 
  • Blog ibarat rumah
  • Konten artikel ibarat perabotan rumah

Besar kecilnya rumah yang bisa kita bangun tergantung dari luasan tanah yang kita miliki. Semakin luas tanah yang ada, maka kita bisa bangun rumah dengan luas juga. Kita juga bebas untuk mendesain rumah dan mengisinya dengan segala perabotan, furniture, alat-alat perlengkapan rumah tangga yang sesuai dengan keinginan kita.

Dengan analogi diatas bisa kita lihat bahwa semakin besar kapasitas hosting yang kita punya, maka akan semakin besar pula data-data dan file digital yang kita simpan didalamnya.

Setelah rumah sudah dibangun, selanjutnya adalah mengisi rumah tersebut dengan segala perlengkapan dan perabotan rumah. Bagus tidaknya isi rumah ini tergantung dari apa yang kita pilih.

Begitu juga dengan blog, kita akan isi dengan konten artikel yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain agar pengunjung blog juga betah berlama-lama berada di blog kita.

Keuntungan menggunakan hosting sendiri


Dari sedikit paparan diatas menjelaskan bahwa dengan menggunakan layanan hosting sendiri kita bebas untuk mengelola, menyimpan file dan data digital, dan memastikan bahwa data dan file kita berada ditempat aman.

Berbeda dengan ketika kita menggunakan layanan hosting gratis, yang sewaktu-waktu blog dapat saja dihapus oleh penyedia layanan sehingga kita akan kehilangan data-data dan file yang ada didalamnya. Jika demikian blog yang telah rintis bertahun-tahun bisa hilang tak berbekas.

Mengenal jenis-jenis hosting


Selanjutnya, dalam memilih layanan hosting yang tepat, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis hosting yang ada agar tidak salah pilih. Tujuannya adalah agar tidak bingung saat nanti memutuskan layanan hosting mana yang akan dipilih.

Pentingnya pemahaman atas jenis-jenis hosting ini dirasa perlu karena kebutuhan setiap blogger atas hosting pastinya juga berbeda-beda.

Mulai dari tujuan membuat blog, rencana pengembangan dalam setahun atau dua tahun kedepan, dan lainnya. Nah untuk itu, berikut ini adalah macam-macam jenis hosting yang bisa dipilih yaitu :

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah penggunaan server hosting secara bersamaan dari beberapa situs atau domain, bisa puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan (tergantung kemampuan dari server hosting itu sendiri). Dalam penggunaanya akan terjadi berbagi sumber daya dari server itu sendiri misalnya penggunaan CPU dan RAM.

2. Virtual Private Server

Penggunaan hosting jenis VPS ini dinilai lebih aman dalam penggunaannya. Server hanya digunakan oleh beberapa penyewa saja dalam jumlah terbatas. Penyewa juga diberikan akses root ke virtual servernya.

3. Dedicated Server Hosting

Nah kalau ini adalah hosting eksklusif karena dalam server hosting tersebut hanya ada situs dari penyewa saja.

Jadi jika penyewa hanya mempunyai satu domain/situs, maka dalam server Dedicated Server Hosting tersebut hanya ada satu situs saja. Keren kan.

4. Cloud Hosting

Cloud hosting ini merupakan teknologi hosting terkini yang mumpuni. Pada cloud hosting ini adalah server yang mempunyai kemampuan yang tidak terbatas terlebih saat menangani traffic visitor yang tinggi. Sehingga dengan penggunaan hosting jenis ini maka akan terhindar dari lemotnya blog saat diakses.

Hal tersebut karena beberapa komputer telah meng-host situs dan akan saling bekerjasama untuk menangani jumlah trafik yang tinggi pada blog tersebut.


Memilih layanan hosting yang tepat

Temans Pemula jika telah mengerti manfaat hosting, cobalah mendeskripsikan blog yang akan kamu kembangkan kedepannya. Dengan demikian kamu akan menemukan jenis layanan hosting yang tepat untuk kamu pilih. Berikut ini acuan untuk memilih layanan hosting yang tepat yaitu :

1. Spesifikasi server

Pertama yang harus diperhatikan adalah tentang kualitas server hosting. Karena ini menyangkut hidup dan matinya sebuah blog. Beberapa hal yang perlu diketahui terkait dengan spesifikasi server hosting adalah sebagai berikut :
  • Kapasitas RAM
  • Hard disk yang digunakan, jika menggunakan SSD akan lebih baik
  • Teknologi server
  • Kecepatan jaringan
  • Kecepatan prosesor
  • dll

Semakin tinggi spesifikasi server yang digunakan maka akan semakin baik pula sehingga sangat direkomendasikan untuk dipilih, apalagi bisa dengan mendapatkan harga paketan hosting yang murah.

Oiya dalam pemilihan server ini sebaiknya disesuaikan dengan target pengunjung ya, misalnya target pengunjungnya dari Indonesia, maka pilihlah server yang berlokasi di Indonesia.

Selain itu juga pilihlah layanan hosting yang memberikan kebebasan untuk melakukan upgrade hosting ke spesifikasi yang lebih tinggi. Hal ini akan memudahkan kamu ketika kamu memerlukan paket hosting dengan spesifikasi diatas paket hosting yang telah kamu gunakan.

2. Harga terjangkau

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan sesuatu dengan harga murah? Termasuk juga ketika ingin menyewa hosting pastinya ingin harga hosting murah namun tidak murahan.

Hosting murah bukan berarti jelek, dan hosting mahal juga belum tentu yang terbaik. Karena penggunaan hosting adalah sesuai kebutuhan masing-masing.

Tentunya kita akan memilih layanan hosting dengan harga murah namun dengan kualitas yang bagus. Kamu bisa bandingkan terlebih dahulu dari masing-masing penyedia layanan hosting, tentunya perbandingannya yang seimbang ya.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk bisa mendapatkan layanan hosting yang kurang lebih sama namun dengan harga yang  lebih rendah.

Dan jangan lupa untuk memperhatikan segi harga ketika masa perpanjangan nanti, karena biasanya pada awal order hosting akan mendapatkan harga promo yang tentunya lebih murah dari harga perpanjangannya.

3. Penggunaan domain dalam satu hosting

Masing-masing penyedia layanan hosting (dalam range harga yang sama) akan menerapkan kebijakan sendiri-sendiri terkait penambahan domain dalam satu akun hosting (addon domain).

Kamu bisa mengambil tawaran paket hosting yang dapat menambahkan domain dalam batasan tertinggi. Jadi kamu bisa menambahkan beberapa blog lagi dalam satu akun hosting.

4. Layanan Support

Poin ini juga penting diperhatikan lho. Sebaiknya pilihlah layanan hosting yang mempunyai layanan support (customer service) 7 hari dan 24 jam. Adapun kontak ke layanan support ini bisa melalui cara :
  • Email
  • Telepon
  • Live chat
  • Tiket bantuan

Dengan demikian kamu akan tenang karena jika sewaktu-waktu, tidak peduli siang atau malam kamu menemukan kendala pada server hosting, kamu bisa dengan mudah menghubungi customer service untuk menemukan jalan keluar kendala yang kamu hadapi.

5. Garansi

Garansi uang kembali adalah garansi terbaik yang diberikan oleh penyedia layanan hosting, oleh karena itu pilihlah hosting yang bisa memberikan garansi tersebut.

Bukan apa-apa, karena kita akan memilih layanan hosting yang terbaik jadi jika pelayanan hosting tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan kita bisa klaim garansinya.

Namun jika penyedia layanan hosting sudah berani memberikan garansi uang kembali, pastinya juga mereka telah profesional dalam hal ini dan menjamin kepuasan kepada pelanggan.

Untuk bisa klaim garansi ketika pelayanannya mengecewakan, sebaiknya pahami juga tentang syarat dan ketentuan yang berlaku ya.

6. Review

Untuk memantapkan pilihan kamu atas penyedia layanan hosting yang akan kamu pilih, tidak ada salahnya untuk mencari review dari Blogger lain yang sudah menggunakan layanan hosting pada penyedia tersebut. Review ini biasanya bisa ditemukan pada akun-akun sosial media atau di situs resminya masing-masing.

Selain itu juga carilah informasi mengenai fitur-fitur tambahan apa saja yang diberikan ketika menyewa salah satu paket hosting pada penyedia layanan hosting. Lumayan kan jika ada bonus fitur-fitur penting, jadi bisa lebih berhemat.

Hosting murah

Bailah temans Pemula, demikian beberapa poin penting yang bisa dijadikan acuan atau pedoman dalam memilih layanan hosting yang tepat.

Memilih layanan hosting murah namun bukan murahan adalah pilihan yang bijak, terutama untuk pemula yang berencana ingin menggunakan hosting sendiri dalam mengembangkan blog.

Harga mahal bukan merupakan jaminan pilihan yang tepat, karena kebutuhan masing-masing penyewa hosting adalah berbeda-beda. Jadi ketika akan menggunakan layanan hosting sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri ya. Semoga bermanfaat.