6/02/2019

Cara Terbaru Pasang Auto Ads / Iklan Otomatis di Blog AMP

Cara terbaru pasang Auto Ads atau Iklan Otomatis di blog AMP, adalah solusi yang sangat menarik terutama bagi kamu yang tidak suka repot. Selain itu iklan cerdas dari Google Adsense ini juga sangat membantu sekali bagi para pemula dalam memasang unit iklan Adsense pertama kalinya.

Auto Ads ini merupakan jenis atau format iklan terbaru dari Google Adsense dan penggunaannya pun sangat mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Jadi jika kamu memang benar-benar pemula di Adsense, pengunaan fitur Auto Ads sangatlah dianjurkan.

Karena Auto Ads merupakan iklan cerdas yang mampu mencari tempat-tempat strategis dalam blog untuk menyangkan iklan. Jadi kamu tidak perlu lagi memikirkan cara pengoptimalan iklan Adsense untuk mendongkrak pendapatan kamu.

Kamu cukup mengaktifkan fitur ini dan menerapkannya pada blog-blog yang kamu kelola. Kedengarannya menarik sekali ya, lalu apa sih sebenarnya Auto Ads itu? Hyuk kita simak selengkapnya pada artikel ini.



Mengenal Fitur Auto Ads Google Adsense


Kehadiran Auto Ads yang merupakan format iklan terbaru dari Google Adsense ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam menentukan tempat penayangan iklan pada blog atau website. Auto Ads disebut juga iklan cerdas karena dapat menayangkan iklan secara otomatis pada area-area tertentu.

Dengan demikian ketika memasang Auto Ads pada blog, kamu tidak perlu lagi memilah area-area mana yang akan dijadikan slot untuk iklan. Terlebih jika masih pemula dan masih bingung dengan urusan yang satu ini.

Belum lagi dibuat bingung dengan jenis iklan yang akan digunakan, ukuran iklan, pengoptimalannya, dan yang lainnya. Karena kamu cuma perlu mengaktifkan fitur ini dan serahkan semuanya pada Google untuk mengaturnya. Keren kan.

Fitur Auto Ads ini sudah mencakup jenis iklan yang berformat text, banner, in feed ads, in article ads, anchor ads, dan juga vignette ads. Woow.

Dan menurut para sesepuh Adsense yang telah menggunakannya, penggunaan iklan Auto Ads ini dapat meningkatkan pendapatan hingga mencapai 10-15%. Jadi sangat layak untuk dicoba ya.

Cara Memasang Auto Ads Pada Blogger


Setelah memahami tentang apa itu Auto Ads, bagi kamu-kamu sahabat Cara Pemula yang ingin menerapkan pada blog kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Silahkan login ke akun Google Adsense
  • Pilih menu Ads dan pilih Auto Ads
  • Klik Get Started dan pilih Auto Ads 
  • Setelah itu akan terbuka halaman seperti gambar dibawah ini :



  • Pada halaman umum, kamu bisa memilih jenis iklan apa saja yang nantinya akan ditayangkan oleh Auto Ads. Kamu bisa memilih semua atau sebagian saja, tergantung selera masing-masing
  • Kemudian aktifkan fitur Auto Ads dan juga centang “Automatically Get New Format”. Tujuannya adalah ketika Auto Ads menerbitkan iklan baru maka otomatis akan sinkron dengan kode yang telah dipasang pada
  • Jika sudah klik tombol simpan.

Sampai disini sudah bisa diikuti ya langkah-langkahnya. Namun ini belum selesai, masih ada sedikit yang perlu dilakukan, yaitu :

  • Aktifkan fitur Auto Ads ini dengan menggeser slider hingga berwarna biru
  • Centang “Automatically Get New Format”
  • Selanjutnya copy dan paste kode berikut diantara kode <head> dan </head> :

<script async custom-element="amp-auto-ads"
        src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js">
</script>
  • Dan juga copy serta paste kode berikut diantara kode <body> dan </body> :

<amp-auto-ads type="adsense"
              data-ad-client="ca-pub-1234567890"&gt
</amp-auto-ads>
  • Ganti yang berwarna kuning dengan kode Adsense kamu
  • Selengkapnya silahkan lihat gambar dibawah ini :



Setelah selesai maka akan butuh waktu sekurangnnya 20 menit (menurut keterangan Google Adsense) untuk iklan tayang di blog kamu. Jadi jangan panik jika belum juga segera muncul ya. Silahkan tunggu sambil menikmati kopi dan cemilan kamu, atau juga bisa sambil menerbitkan artikel baru untuk blog kamu.

Kelebihan Memasang Auto Ads Google Adsense


Dengan memanfaatkan fitur terbaru dari Google Adsense yang berlabel Auto Ads atau iklan otomatis ini, kamu dapat menghemat waktu dan pikiran saat menayangkan iklan Adsense.

Kamu hanya perlu mengaktifkannya dan menambahkan kodenya ke dalam template Blogger kamu tanpa dipusingkan lagi pengaturan tempat slot iklan. Hal tersebut karena Google Adsense-lah yang akan mengatur semuanya di blog kamu secara otomatis. Kelebihan memasang Auto Ads Google Adsense lainnya antara lain adalah sebagai berikut :

  • Auto Ads mencakup semua jenis iklan Adsense, seperti  Text and Display, In-feed ads dan in article ads. Selain itu juga bisa menambahkan jenis iklan Anchor dan Vignette
  • Kamu tidak perlu menghapus kode iklan yang sudah terpasang, karena Auto Ads akan mencari sendiri penempatan iklan yang strategis
  • Auto Ads secara otomatis sudah mencakup migrasi yang telah menggunakan iklan page level ads
  • Auto Ads juga memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengatur iklan akan tayang di halaman mana saja
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekedar diperhatikan saja, jika blog kamu sudah didesain mempunyai penempatan slot iklan, sebaiknya mengatur penayangan iklan secara manual.

Namun jika template blog yang kamu gunakan tidak ada slot iklan secara khusus, atau kamu masih bingung untuk menempatkan iklan dimana, maka menggunakan fitur Auto Ads atau iklan otomatis adalah pilihan yang terbaik. Tertarik untuk mencoba?