1/31/2019

Sistem Navigasi Menu Pada Blog Untuk Mendaftar Adsense

Sistem Navigasi Blog Untuk Mendaftar Adsense. Kriteria blog yang bagus adalah yang memiliki sistem navigasi yang lengkap. Dengan demikian maka akan memudahkan pengunjung ketika menyusuri blog tersebut.

Mungkin bagi teman-teman pemula masih bingung dengan apa saja navigasi yang perlu di pasang pada blog. Apa sih maksud dari navigasi blog itu? Apakah seperti petunjuk arah gitu? Navigasi arah utara dan selatan seperti pada kompas?

Maksud dari navigasi blog disini adalah "petunjuk arah dan isi" dari blog itu sendiri, yang mana dapat memudahkan pengunjung dalam menelusuri artikel-artikel di blog tersebut.

Dengan menampilkan navigasi-navigasi yang jelas maka blog akan terlihat lebih profesional, sehingga Google juga akan memberikan "perhatian" lebih. Dan ujungnya adalah potensi untuk bisa masuk pada halaman pertama mesin pencarian Google.


Apa saja navigasi blog yang diperlukan?


Secara umum, navigasi pada blog terdapat di bagian atas, samping (widget), dan ada juga yang terdapat dibagian bawah seperti pada footer atau diatasnya. Navigasi yang berada dibagian atas biasanya berupa menu-menu yang jika di klik akan menuju ke suatu halaman yang telah diatur.

Sedangkan dibagian samping atau biasa disebut juga widget adalah menu-menu yang ketika diklik akan menuju ke suatu postingan atau artikel.

Penempatan menu-menu navigasi ini tergantung juga pada desain template, dan tergantung dari pemilik blog itu sendiri. Karena pengaturan ini merupakan selera dari masing-masing orang, sesuai ide dan kreasinya.

Perlu diperhatikan, guna kepentingan akses blog yang cepat sebaiknya dihindari pemasangan navigasi atau widget-widget yang tidak terlalu penting. Pemasangan navigasi menu untuk menunjang kelengkapan sebuah blog adalah sebagai berikut :

1. Beranda / Home

Menu ini berguna untuk memudahkan pengunjung ketika ingin kembali ke halaman utama dengan sekali klik saja.

2. Profil / About Us

Adalah menu yang menyajikan profil dari pemilik/pengurus blog agar pengunjung dapat dengan mudah mengenali pemilik blog tersebut. Menu ini dapat berisikan tentang profil dari pemilik, profil dari blog, tujuan dari pembuatan blog, dan lainnya.

3. Kontak

Yess, menu ini adalah untuk memudahkan dalam menghubungi admin atau pemilik blog. Bisa berupa kontak email atau telepon/WA. Nah keuntungannya adalah siapa tahu ada penawaran kerjasama yang menggiurkan, terlebih bagi blog dengan trafik pengunjung yang tinggi.

4. Sitemap / Daftar Isi

Ibarat pada sebuah buku yang juga melampirkan daftar isi dari buku tersebut, pada blog navigasi menu sitemap atau daftar isi juga penting untuk dihadirkan. Dengan mengakses menu sitemap pengunjung dapat dengan mudah menemukan artikel-artikel yang dibutuhkannya.

Dengan kata lain, dengan melihat di menu sitemap dapat menggambarkan dari keseluruhan artikel yang termuat di blog tersebut.

Selain itu, dengan adanya sitemap juga memudahkan robot mesin penelusuran dalam merayapi seluruh isi pada blog. Jadi penting banget untuk menghadirkan menu ini ya temans.

5. Disclaimer

Pada menu ini adalah merupakan pernyataan dari pemilik atau pengelola blog bahwasanya blog tersebut tidak dapat diganggu gugat. Selain itu juga sebagai bentuk pernyataan penolakan terhadap pertanggungjawaban atas berbagai opini yang disampaikan oleh pengunjung.

Atau dengan kata lain adalah jika ada komentar yang masuk pada artikel yang ada, maka tanggung jawab atas isi komentar tersebut adalah yang menulis komentar itu sendiri, bukan tanggungjawab dari pemilik blog.

6. Privacy Policy

Menu ini merupakan penjelasan secara singkat dari pemilik blog kepada para pengunjung mengenai bagaimana cara pemilik blog tersebut mengelola beragam informasi yang masuk dari para pengunjung blog.

Nah itulah beberapa navigasi menu penting yang biasanya dipasang di bagian atas pada blog. Lalu bagaimana dengan menu-menu yang ada dibagian samping? Apa saja yang perlu ditampilkan?

Menu widget yang diperlukan

Widget atau navigasi menu yang biasanya terletak dibagian samping kanan atau kiri dari postingan. Nah berikut ini adalah beberapa widget yang wajib ada sebagai pelengkap dari navigasi sebuah blog, yaitu :

1. Widget Artikel Terbaru / Recent Post

Widget ini merupakan menu yang menampilkan postingan artikel dai urutan yang terbaru. Untuk jumlah artikel yang ditampilkan tergantung selera. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak seperti diatas sepuluh artikel.

2. Widget Artikel Populer / Popular Post

Adalah widget yang menampilkan artikel mana saja yang mendapatkan kunjungan terbanyak dalam kurun waktu tertentu. Kurun waktu tersebut dapat diatur sesui dengan selera masing-masing. Seperti dalam tiga puluh hari terakhir, atau dalam tujuh hari terakhir. Pengaturan jumlah artikel yang dimunculkan juga sebaiknya dalam batasan wajar saja ya.

3. Widget Artikel Terkait / Related Post

Pada widget ini akan menampilkan artikel-artikel yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca. Dan biasanya ada yang menempatkan widget artikel terkait ini berada pada bawah postingan.

4. Widget Arsip Blog

Widget ini merupakan jenis navigasi menu yang secara ringkas menampilkan artikel-artikel berdasarkan waktu penerbitan artikel tersebut (tanggal, bulan, tahun). Dengan demikian pengunjung dapat dengan mudah menemukan artikel-artikel berdasarkan waktu penerbitannya dengan hanya menyortirnya saja.

5. Widget Kategori  Label

Jika widget arsip blog mengelompokkan artikel-artikel berdasarkan waktu penerbitan, kalau widget kategori adalah untuk menampilkan artikel-artikel berdasarkan kategori artikel tersebut. Dengan demikian akan memudahkan pengunjung dalam mencari artikel berdasarkan kategori yang dia inginkan.

Selain penting untuk memasang navigasi menu yang dibutuhkan untuk mendaftar Google Adsense, juga sebaiknya mendaftarkan setiap menerbitkan artikel baru pada Google Webmaster. Gunanya untuk apa sih? Gunanya adalah agar artikel terebut dapat dengan cepat terindeks oleh mesing pencari Google.

Demikian temans navigasi yang perlu disediakan pada blog jika ingin bergabung dengan program Google Adsense. Sekali lagi hindari pemasangan widget yang tidak perlu atau tidak penting-penting banget, karena itu juga bisa menjadikan blog menjadi lambat saat dibuka. Semoga bermanfaat.